Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013. Hal paling menjengkelkan ketika teman teman membuat karya tulis, laporan, skripsi, dan dokumen tebal lainnya adalah membuat daftar isi. Daftar Isi sering membuat orang menjadi repot karena harus membuka satu persatu dokumen yang pernah ditulis untuk mencatat nomor halaman ke dalam daftar isi. Selain Nomor halaman, yang membuat repot adalah menuliskan satu persatu nama Bab, Subbab, dan kelengkapan lainnya.

Hal di atas memang sering terjadi pada pengguna Microsodt Word. Apakah hal tersebut mejadi suatu kelemahan yang ada di dalam Microsoft Word? Jawabanaya Tidak, karena sebenarnya teman teman dapat dengan mudah membuat daftar isi secara otomatis, tanpa repot repot lagi menuliskan nama bab, sub bab, hingga sub sub bab lengkap beserta dengan nomor setiap halamannya.

Langkah Mudah Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013

Ada beberapa langkah mudah yang dapat teman teman lakukan untuk Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013 secara cepat di MS Word sebagai berikut:

A. Mengatur Jenis Font Heading

Mengatur jenis Font sebelum menggunakan fasilitas pembuat daftar isi otomatis sangat penting. Agar font yang ditampilkan di setiap bab tidak berubah. Dimulai dari langkah-langkah berikut ini:

  1. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013 langkah pertama adalah persiapkan dokumen yang akan dibuat daftar isinya. Pastikan semua data menjadi satu dokumen baik yang bernomor halaman romawi atau angka.

    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013
    Beda Angka Halaman
  2. Langlah selanjutnya, teman teman harus mengatur format untuk setiap Bab dan Sub Bab dengan styles menggunakan Heading 1. Heading2. Heading 3, dan seterusnya, dengan perincian sebagai berikut:
      • Heading I untuk Bab
      • Heading 2 untuk Sub bab
      • Heading 3 untuk sub sub bab
      • Dan seterusnya

    Namun, anda jangan terburu buru dahulu mengatur setiap judul Bab dan Subbab dengan Heading, karena jenis font yang telah anda buat sebelumnya akan berubah mengikuti styles milik Heading

    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013
    Format Berubah setelah Diberi Heading
  3. Untuk mengantisipasi hal tersebut, teman teman dapat mengedit atau mengatur terlebih dahulu jenis Font pada setiap Heading. Caranya,  dengan klik kanan pada Heading. Misalkan Heading 1. klik kanan Heading 1 pilih Modify lalu akan muncul jendela untuk pengaturan heading,
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013
    Menu Modify Heading

    Teman teman perhatikan baik, bahwa jenis Font, ukuran font dan warna font berbeda beda dengan Font pada judul Bab, Judul sub bab dan Judul Sub sub bab yang teman teman buat. Oleh kerena itulah, ubah Format font tersebut sesuai dengan ketentuan judul Bab, Judul sub bab dan Judul Sub sub bab di dokumen milik teman teman. Jika telah selesai melakukan pengaturan klik OK untuk menyimpan hasil perubahan.

  4. Untuk heading heading selanjutnya teman teman dapat melakukannya dengan langkah yang sama untuk mengatur bagian Heading 2 untuk Subbab, Heading 3, Heading 4 dan seterusnya

Baca Juga : Cara Mudah Menampilkan File PDF di WordPress

B. Menempelkan Heading

Jika Heading sudah teman teman atur Fontnya, maka selanjutnya teman teman dapat langsung menempelkan setiap Heading sesuai dengan tempatnya.

  1. Langkah pertama, Anda dapat tempelkan heading pada judul Bab. Untuk menempelkan Heading ke judul Bab, klik pada bagian depan huruf pertama, diikuti dengan klik Heading 1 pada Menu Styles MS Word
  2. Lakukan hal yang sama sampai dengan judul Bab terakhir.
  3. Jika telah selesai dengan Judul Bab. Anda dapat menempelkan Heading 2 ke dalam judul Subbab. Seperti langkah sebelumnya, klik pada bagian sebelum huruf pertama, lalu diikuti klik pada Heading 2.
  4. Lakukan langkah-langkah yang sama untuk menandai semua Subbab, sampai akhir
  5. Jika di dalam dokumen yang Anda buat sampai ke dalam sub bab paling kecil, misalkan sub sub bab, maka dapat Anda manfaatkan heading 3 dan seterusnya.

C. Menampilkan Daftar Isi Otomatis

Jika teman teman telah selesai melakukan langkah-langkah di atas, selanjutnya teman teman dapat langsung menampilkan Daftar isi Otomatis ke dalam dokumen, caranya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama teman teman harus mempersiapkan ruang kosong pada dokumen untuk halaman Daftar isi, yang letaknya biasanya sebelum Bab pertama dimulai.
  2. Setelah itu, masuk ke dalam Tab References dan klik Table of Contents
  3. Pada Sub Menu Table of Contents akan ditampilkan 3 pilihan jenis format daftar isi, baik yang otomatis atau manual Pilih yang otomatis saja dengan cara klik.
  4. Secara “ajaib” pada dokumen kosong yang Anda sediakan akan muncul sebuah daftar isi yang terdiri dari Bab dan Sub bab beserta dengan nomor halamannya.
  5. Secara umum judul yang muncul pertama kali saat Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013 adalah Contents namun teman teman tidak perlu kuatir hal tersebut dapat di ubah dari  Contents menjadi Daftar Isi dengan hanya melakukan Rename atau edit seperti biasa.
  6. Dan biasanya juga Daftar Isi Otomatis yang baru saja kita buat tidak secara langung masuk ke dalam list Daftar Isi tersebut, Nah jika halaman daftar isi yang telah teman teman masukkan belum tercatat ke dalam daftar isi, maka teman teman dapat menempelkan heading 1. Caranya sama dengan langkah sebelumnya yaitu klik pada depan huruf pertama judul Daftar Isi lalu diikuti klik pada style heading 1.
  7. Agar halaman daftar isi tampil, kik Update Table dan akan muncul jendela Update Contents, pilih Update Entire Table diikuti klik Ok. Maka nama dan halaman daftar isi, akan muncul.

Nah selain kemudahan dalam Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013 ini sangat membantu kita dalam membuat daftar isi dengan cepat, fungsi Daftar isi Otomatis ini juga dapat digunakan untuk menuju ke halaman dokumen jika teman teman arahkan kursor ke salah satu Daftar Isi, lalu tekan CTRL dan diikuti klik kiri maka kursor dokumen akan secara otomatis menuju ke halaman tersebut.

Download : Program Data Mining Apriori Berbasis Web

Nah itu dia tips singkat membuat daftar isi secara otomatis. Untuk selanjutnya teman teman tinggal setting formatnya sesuai dengan ketentuan dari penulisan konten teman teman. Selain langkah Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013 dalam bentuk artikel,gurudaridesa.com juga menyediakan langkah demi langkah dari tips diatas dalam bentuk video dibawah. Semoga bermanfaat dan see you soon:D

NB : Untuk mendapatkan konten menarik lainnya teman teman boleh mengikuti Akun Sosial Kami

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *