Pemograman Java

java

Halo semua teman-teman, senang bisa menyapa teman-teman semua. Gurudaridesa.com akhirnya memulai sebuah artikel untuk web kita ini. Oke teman-teman tak perlu berlama-lama lagi, gurudaridesa.com pada kesempatan perdana ini akan mengupas tentang Bahasa Pemograman yang secara khusus akan menyasar ke pengenalan Bahasa Pemograman Java. Baiklah mari kita, lets do it

Apa itu Bahasa Pemograman?

Oke teman-teman sebelum kita masuk ke pokok pembahasan kita, pernah tidak teman-teman bertanya-tanya kenapa  pc/laptop, smartphone, dan alat elektronik lainnya bisa melakukan pekerjaan manusia seperti contohnya, pada pc/laptop saat kita buat perhitungan 1+1 dan hasilnya keluar 2, atau pada smartphone canggih sekarang saat kita ingin selfie kita hanya perlu ucapkan cheer maka dengan sendirinya kamera smartphone kita akan mengambil foto kita secara otomatis. Nah jawabannya adalah karena pada pc/laptop maupun smartphone tersebut sudah ditanamkan sekumpulan perintah dalam bentuk kode untuk menjalankan perintah yang diinginkan. Ibarat manusia, saat diberi sebuah perintah maka akan dilakukan selama perintah itu dapat di mengerti.

Sekarang teman-teman semua sudah tahu kan kenapa teknologi canggih seperti pc/laptop atau smartphone dapat melakukan perintah yang di berikan oleh manusia, itu karena sekumpulan perintah dalam bentuk kode yang sudah ditanamkan dalam memori teknologi tersebut. Nah sekumpulan perintah dalam bentuk kode itu yang disebut Bahasa Pemograman.

Jadi Bahasa Pemrograman, atau disebut juga Bahasa Komputer adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program computer (https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman). Bahasa ini yang memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis bagaimana suatu perintah akan dijalankan oleh komputer, bagaimana perintah ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis.

Apa saja bahasa pemograman?

Pemograman Java
Ilustrasi Syntax

Dari penjelasan diatas teman-teman pasti sudah pahamkan sekarang bahwa teknologi secanggih apapun ternyata itu karena sudah ditanamkan bahasa pemograman. Nah sekarang pertanyaan adalah apakah bahasa pemograman itu hanya satu jenis, atau sama seperti bahasa manusia yang memiliki ragam bahasa? Jawabanya adalah bahasa pemograman itu tidak hanya satu jenis, akan tetapi ada banyak bahasa pemograman mulai dari Java, Visual Basic, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan bahasa lainnya. Namun perlu untuk teman-teman ketahui tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan terhadap fungsi dan perangkat yang menggunakannya.

Nah secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu:

  • Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
  • High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
  • Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
  • Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

Itu dia teman-teman penjelasan singkat tentang apa itu bahasa pemograman dan apa saja jenis bahasa pemograman. Semoga teman-teman tidak lagi bingung ya, sekarang kita masuk ke topik pembahasan utama kita yaitu Bahasa Pemograman Java, Come on lets do it.

Apa itu Bahasa Pemograman java?

Sebelum kita membahas jauh tentang bahasa pemograman Java, ada baikny kita berkenalan dulu dengan bahasa pemograman Java. Bahasa pemograman Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Salah satu penggunaan terbesar Java adalah dalam pembuatan aplikasi untuk Android.

Bahasa Pemograman Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik, bahasa pemograman ini juga secara khusus didesain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Bahasa Pemograman Java dikenal pula dengan slogannya, “Tulis sekali, jalankan di mana pun”. Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi

Sejarah Bahasa Pemograman Java

Bahasa pemrograman Java terlahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems.

Siapa penemu bahasa pemograman java dan tahun berapa ditemukan?

Java diciptakan oleh James Gosling, yaitu seorang developer dari Sun Microsystems. Perkembangan java tidak hanya berfokus pada satu sistem operasi tapi juga dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat opensource

Bagaimana syntax dan ciri-ciri Bahasa Pemograman Java

Untuk mengenal sintax dan ciri-ciri Bahasa Pemograman Java, gurudaridesa.com akan menjelaskan step by step, semoga teman-teman semua dapat mengikutinya.

Struktur Dasar Program Java

Struktur program Java secara umum dibagi menjadi 4 bagian:

  • Deklarasi Package – merupakan sebuah folder yang berisi sekumpulan program Java. Deklarasi package biasanya dilakukan saat membuat program yang besar.
  • Impor Library – Pada bagian ini, kita melakukan impor library yang dibutuhkan pada program. Library merupakan sekumpulan class dan fungsi yang bisa kita gunakan dalam membuat program.
  • Bagian Class – Java merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan paradigma OOP (Object Oriented Programming). Setiap program harus dibungkus di dalam class agar nanti bisa dibuat menjadi objek
  • Method Main – Method main() atau fungsi main() merupakan blok program yang akan dieksekusi pertama kali, ini adalah entri point dari program. Method main() wajib kita buat. Kalau tidak, maka programnya tidak akan bisa dieksekusi.

Berikut adalah contoh sintax dari pejelasan struktur program Java secara umum yang telah di jelaskan diatas:

Setelah kita mengenal struktur Bahasa Pemograman Java secara umum, kita juga perlu tahu bahwa Bahasa Pemograman Java bersifat Case Sensitive yang artinya saat kita mendeklarasikan sebuah variable di dalam list program, maka kita harus mengingatnya secara detail.

Sebagai contoh kita akan membuat program sederhana untuk menampilkan “Berisi Jus Jeruk” dengan variable Gelas, maka perhatikan list sintax berikut:

Maka komputer tidak akan menjalankan perintah tersebut, karena variable kita sudah berbeda.

Untuk itu buat teman-teman supaya lebih teliti dalam penulisan sintax Bahasa pemograman Java.

Editor Bahasa Pemograman Java

Sebelum kita masuk ke editor untuk bahasa pemograman java, ada baiknya kita tahu dulu arti Editor bahasa pemograman. Editor pemograman atau yang juga sering disebut dengan IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Bila di sederhanakan kedalam bahasa sehari-hari IDE merupakan tempat dan alat yang kita perlukan dalam dalam membuat program.

Begitu juga dengan Bahasa pemograman Java selalu tak lepas dari IDE. Nah ini beberapa IDE buat bahasa pemograman Java mulai dari Netbeans, IntelliJ IDEA, Oracle JDeveloper, dan masih banyak lagi, teman-teman boleh googling untuk tahu lebih banyak.

Nah gimana nih teman-teman, kita sudah sampai di akhir dari pendahuluan dan pengenalan Bahasa Pemograman Java, semoga teman-teman semua suka dengan bahan yang gurudaridesa.com sediakan. Akhir kata, mohon maaf bila ada kurang dalam penyampaian materi, see you !

Tambahan : Bagi teman-teman yang mau instal IntelliJ IDEA ini gurudaridesa.com ngasih video caranya, semoga teman-teman terbantu

Bagikan ini :

One thought on “Pengenalan Dasar Bahasa Pemograman Java”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *