3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS

3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS

3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS. Selamat siang para sahabat dan pengunjung setia gurudaridesa.com. Akan selalu jadi hari yang menyenangkan rasanya setiap kali bisa menyapa kalian semua. Dan semoga juga tentunya kita semua berharap semoga kita semua dalam keadaan sehat dan baik amin.

Baiklah teman teman semua, gurudaridesa.com kali ini hanya ingin membagikan sebuah trik atau lebih tepatnya sebuah tips dalam belajar css. Gurudaridesa.com sangat berharap tips ini dapat memberikan kemudahan kepada teman teman yang sedang belajar web secara khusus mungkin yang lagi belajar css tentunya. Selain teman teman yang saya sebutkan, tentunya tidak ketinggalan juga untuk para teman teman yang secara khusus memang kuliah dengan jurusan Teknik Informatika.

Sebelum kita lanjut dan membahas lebih dalam tentang 3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS, ada baiknya kita mengerti dan mengenal lebih dulu apa itu css, sejarah dan perkembangannya dan lain sebagainya mengenai css.

Apa itu css?

Sebelum teman tema belajar 3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS, teman teman perlu tahu apa itu css. Gurudaridesa.com akan memberikan sedikit penjelasan mengenai apa itu css secara singkat dan detail.

CSS atau singkatan dari Cascading Style Sheet adalah sekumpulan perintah dalam sebuah bahasa pemrograman text sederhana dengan eksitensi (.css) yang mana fungsinya untuk mengatur dan mempercantik tampilan pada sebuah website. Untuk lebih detailnya adalah css selalu digunakan dalam mengontrol pemformatan tag tag pada bahasa pemrograman HTML pada sebuah halaman website agar terlihat lebih cantik dan menarik.

3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS. Agar teman teman lebih mudah memahami css itu apa, maka gurudaridesa.com akan memberikan perbandingan dengan HTML (namun gurudaridesa.com tidak akan membahas HTML disini secara detail). Jadi gurudaridesa.com menganalogikannya seperti manusia. Jadi katakanlah ibaratnya jika seorang manusia adalah sebuah website, maka HTML adalah kerangkanya dan CSS adalah kulit, mata, telinga dan lainnya. Akan sangat menakutkan seorang manusia jika hanya terlihat tulang tanpa ada kulit, mata, telinga dan lainnya. Begitu juga dengan tampilan sebuah halaman website tanpa CSS, akan terlihat jelek dan tidak enak di pandang mata. Berikut adalah contoh sederhana perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan CSS pada sebuah halaman website.

3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS
Perbandingan Sebelum dan sesudah menggunakan CSS

Bisa terlihat dari gambar diatas perbedaan tampilan sebuah halaman website tanpa menggunakan CSS dan sebuah halaman website dengan menggunakan CSS. Sebuah halaman website dengan menggunakan CSS akan terlihat menarik dan enak dilihat di bandingkan dengan sebuah halaman website tanpa menggunakan CSS.

Baca juga : Download Modul Lengkap MySql

Selain fungsinya untuk mempercantik tampilan sebuah halaman website, CSS juga bertujuan untuk menghindari pengetikan perintah yang berulang-ulang dalam menerapkan styling seperti warna, format font, dan lain sebagainya pada sebuah berkas HTML. Jadi teman teman dapat menetapkan styling pada beberapa berkas HTML pada sebuah website hanya dengan menggunakan satu berkas CSS saja.

Sejarah dan Perkembangan CSS

Baik, teman teman sudah paham tentunya apa itu CSS dan perbandingan antara sebuah halaman website dengan menggunakan CSS dan tanpa menggunakan CSS. Sekarang kita akan masuk lebih dalam mengenai sejarah dan perkembangannya. Ini mungkin tidak terlalu penting namun alangkah baiknya teman teman selain paham apa itu CSS namun juga tahu sejarah dan perkembangannya.

Sejarah CSS

Pada tahun 1970an sejak munculnya SGML (Standard Generalized Markup Language adalah merupakan bahasa pemrograman markup (markah) yang dipakai untuk sebuah dokumen yang standar),  maka pada saat itu juga CSS pertama kali muncul, dan Sejak kemunculannya tersebut, CSS terus mengalami perkembangan dan bahkan sangat pesat.

3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS
Belajar CSS | gurudaridesa.com

Hakon Wium Lie merupakan penemu dari CSS.  Hakon Wium Lie menuangkan idenya tentang CSS dalam proposalnya mengenai Cascading HTML Style Sheet (CHSS) pada bulan Oktober 1995 (dalam konferensi W3C di Chicago, Illinois). Kemudian, Hakon Wium Lie bersama dengan seorang temannya Bert Bos mengembangkan suatu standard CSS.

Setelah itu CSS kemudian diresmikan dan dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) pada tahun 1996. Di tahun yang sama tepatnya di bulan desember W3C resmi mempublikasikan CSS Versi 1, bahkan proyek CSS Versi 1 ini juga didukung oleh programmer perusahaan ternama yaitu Microsoft yang bernama Thomas Reardon.

Perkembangan CSS

3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS. Setelah W3C mempublikasikan CSS Versi 1 ditahun 1996, sejak saat itu CSS terus berkembang hingga saat ini. Penggunaan CSS tidak akan perna bisa lepas dari pemrograman sebuah website. CSS akan selalu berjalan beriringan penggunaannya dengan HTML

Hingga saat ini CSS dalam perkembangannya, terdapat tiga versi CSS, di mulai dari CSS1, CSS2, dan CSS3. Dimana setiap versi CSS memiliki fitur fitur pengembangan yang berbeda beda. Adapun detail pengembangannya sebagai berikut:

  1. CSS1 dikembangkan dan berpusat pada pengontrolan format  dalam dokumen HTML. Berpusat pada pengontrolan format  dalam dokumen HTML maksudnya adalah CSS versi 1 ini hanya masih dalam pengaturan format penulisan seperti memberikan warna, mengatur jenis font (Jenis ketebalan), bentuk teks, warna background, text attributes seperti misalnya spasi antar baris, kata dan  huruf, Posisi teks, gambar, table, margin, border, pading, dan elemen lainnya.
  2. CSS2 dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan terhadap format dokumen agar bisa ditampilkan di printer. Setelah CSS versi 1 atau CSS1, pada tahun 1998 W3C kemudian menyempurnakan CSS1 tersebut dengan menciptakan sebuah standard pada CSS versi 2 atau CSS2, yang mana hal ini menjadi standard hingga saat ini. Semua atribut dari CSS 1 dimasukkan dan diperluas dengan penekanan pada International Accessibiality and Capacibilty kususnya media-specific CSS. Intinya CSS2 dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan terhadap format dokumen agar bisa ditampilkan di printer.
  3. CSS versi3 atau CSS3 adalah versi terbaru dari CSS yang mampu melakukan banyak hal dalam desain website. CSS3 selain memiliki fitur fitur yang ada pada CSS pendahulunya yaitu CSS1 dan CSS2, CSS3 sudah mendukung penentuan posisi konten, huruf font, downloadable, tampilan pada tabel /table layout dan media tipe untuk printer. Kehadiran versi CSS3 tentu diharapkan lebih baik dari versi pertama dan kedua. Selain fitur yang telah disebutkan sebelumnya, CSS3 juga dapat melakukan animasi pada halaman website, di antaranya animasi warna hingga animasi 3D. Dengan CSS3 desainer lebih dimudahkan dalam hal kompatibilitas websitenya pada smartphone dengan dukungan fitur baru yakni media query. Selain itu, banyak fitur baru pada CSS3 seperti: multiple background, drop-shadow, border-image, CSS Math, border-radius, dan CSS Object Model.

Itulah dia sejarah dan perkembangan CSS hingga saat ini. Untuk lebih detail mengenai sejarah dan perkembangan CSS, teman teman dapat melihatnya melalui LINK INI.

Baca juga : Download Modul Lengkap Pemrograman PHP

Baiklah kita sudah membahas sedikit banyaknya tentang CSS, mulai dari apa itu CSS, sejarah dan perkembangan CSS, sekarang kita akan masuk ke pembahasan inti yaitu 3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS.

3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS

Ada 3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS yang perlu teman teman perlu coba untuk belajar CSS agar mudah dalam menguasai CSS.

A. Pahami Aturan dalam Penulisan CSS

Dalam sebuah berkas style sheet atau CSS tentunya terdiri dari satu atau lebih aturan styling (rules atau rule-sets) yang digunakan dalam mendeskripsikan bagaimana sebuah elemen atau sebuah kelompok elemen ditampilkan dalam sebuah halaman website.

Ada baiknya langkah awal belajar CSS adalah dengan memahami sebuah bagian rule. Sebagai contoh, anggap lah kita memiliki 2 buah rules yang dituliskan dalam sebuah CSS. Rule yang pertama menetapkan sebuah warna pada elemen <h1>, dan rule yang kedua menetapkan ukuran font dan tipe font pada sebuah elemen paragraf pada berkas HTML kita.

Nah setelah teman teman memahami setiap aturan atau rule yang ada di dalam berkas HTML teman teman maka selanjutnya teman teman harus memahami aturan dasar penulisannya ke dalam berkas CSS teman teman. Dalam penulisan berkas CSS, terdapat dua bagian dasar dalam penulisan sebuah rule atau aturan, yaitu

  • Yang pertama adalah Identitas elemen atau dalam bahasa pemrogramannya biasa di sebut Selector (Ini merupakan elemen dasar yang akan menerapkan rule dan,
  • Dan yang kedua adalah Deklarasi atau dalam bahasa pemrogramannya biasa di sebut Declaration (Ini merupakan elemen dasar yang akan memberikan instruksi yang akan diterapkan pada sebuah selector).

Untuk detailnya akan gurudaridesa.com jelaskan di tempat terpisah karena terlalu panjang untuk saya jabarkan disini karena pembahasan kali ini hanya untuk memberikan tips dasar dalam pemahaman dalam belajar CSS. Tunggu saja update selanjutnya ya 😀

B. Pahami Cara Menggabungkan HTML dengan CSS

Setelah teman teman memahami Aturan dalam Penulisan CSS, maka langkah selanjutnya adalah teman teman harus memahami Cara Menggabungkan HTML dengan CSS. Karena penerapan styling yang ada telah teman teman buat dalam berkas CSS hanya akan tereksekusi jika sudah di gabungkan ke dalam berkas HTML.

Untuk detail Cara Menggabungkan HTML dengan CSS juga tidak akan gurudaridesa.com jabarkan di tulisan ini, karena ada 3 cara untuk menggabungkan berkas CSS dengan berkas HTML jadi cukup panjang lebar jika saya jabarkan dituliskan

C. Pahami Properti yang ada dalam CSS

3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS. Setelah teman teman memahami Aturan dalam Penulisan CSS dan Cara Menggabungkan HTML dengan CSS, selajutnya adalah teman teman perlu memahami Properti apa saja yang ada dalam CSS karena ini sangat krusial dan penting dalam CSS

Sebenarnya Properti yang ada dalam CSS adalah elemen elemen yang memberikan instruksi (agar diterapkan ke dalam berkas HTML) yang ada dalam declaration seperti warna, bentuk dan jenis font dan lain sebagainya.

Dalam Properti yang ada dalam CSS, ada kurang lebih 9 macam properti yang perlu teman teman pahami, mulai dari properti text hingga properti padding yang semuanya itu memiliki peran masing masing dalam sebuah berkas CSS. Untuk detailnya juga akan gurudaridesa.com jelaskan di tulisan terpisah karena terlalu panjang untuk saya jabarkan disini. Jadi tunggu saja update selanjutnya ya 😀

Jadi itulah dia 3 Langkah Mudah Menguasai dan Belajar CSS teman teman. Semoga dapat membantu teman teman dalam Menguasai dan Belajar CSS.

Akhir kata, segala kekurangan tulisan saya di gurudaridesa.com mohon untuk di koreksi, dan bila bermanfaat silahkan teman teman share artikel ini agar teman teman kita yang lain dalam Menguasai dan Belajar CSS dapat terbantu. Jangan lupa juga untuk follow akun sosial kita gurudaridesa.com, untuk linknya ada di sidebar dan dibawah website gurudaridesa.com ini. Keep Exploring, bye bye and see you soon 😀

NB : Buat teman teman yang mencari Program Data Mining Metode Apriori berbasis Web, mungkin teman teman bisa lihat dulu video demo di bawah ini, dan untuk link donwloadnya Klik Download Program Apriori berikut.

 

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *