Modul Adobe Premiere Lengkap Part 2

12 Modul Adobe Premiere Lengkap

Selamat siang teman dan rekan sekalian. Senang jika selalu bisa menyapa teman dan rekan sekalian dimanapun kalian berada. Semoga juga selalu dalam keadaan sehat dan damai sejahtera. Baiklah kali ini gurudaridesa.com ingin membagikan beberapa modul lengkap yang akan membahas mengenai Adobe Premiere lebih tepatnya 12 Modul Adobe Premiere Lengkap, semoga teman dan rekan dapat terbantu dalam belajar dengan adanya modul ini. Namun sebelum gurudaridesa.com membagikan modul-modul tersebut ada baiknya gurudaridesa.com membagikan sedikit tentang apa itu Adobe Premiere. Baiklah tanpa berlama-lama gurudaridesa.com akan membahasnya cekidot:D.

Adobe Premiere

12 Modul Adobe Premiere Lengkap
12 Modul Adobe Premiere Lengkap

Adobe Premiere merupakan sebuah software video editing berbasis non-linier editor atau disingkat NLE yang dibesut oleh perusahaan kelas kakap yaitu Adobe System. Adobe memang terkenal sebagai perusahaan pembuat software untuk kebutuhan pekerja kreatif seperti software edit foto, edit video, dan lain sebagainya.

Program editing video ini adalah salah satu produk software dari Adobe Creative Suite, tetapi juga bisa dibeli secara personal. Bahkan kalau dibeli personal, itu termasuk Adobe Encore dan Adobe OnLocation. Walaupun yang dua versi pertama hanya tersedia untuk Windows, versi CS3  sudah tersedia baik untuk Windows maupun Mac OS X. CS3 hanya baru tersedia dalam Bahasa Inggris, Bahasa Prancis, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang, Bahasa Italia, dan Bahasa Spanyol.

Adobe Premiere (Software pengedit video) ini merupakan program pengolah video pilihan bagi kalangan profesional, terutama yang suka bereksperimen. Program ini banyak digunakan oleh perusahaan Pembuatan Film maupun Sinetron, Broadcasting, atau Acara Pertelevisian lainnya.

Download Juga : Modul Sistem Pendukung Keputusan

Fitur-Fitur dalam Adobe Premiere

Selain memiliki fitur-fitur yang mumpuni dalam pengolahan video, Adobe Premiere Pro juga memiliki sekitar 45 efek video dan 12 efek audio, yang bisa untuk mengubah pola tampilan dan menganimasikan klip video dan audio. Namun dalam penggunaannya, beberapa efek dalam software ini memerlukan kartu grafis yang berkualitas tinggi, dari 45 efek itu, kurang lebih ada 3 efek yang memerlukan kartu grafis kelas tinggi seperti AMD atau NVIDIA agar bisa diaplikasikan pada klip video yang akan diedit. Selain itu, video editor juga bisa menambahkan produk efek dari pihak ketiga yang mendukung software pengedit video ini.

Disamping itu, Adobe Premiere Pro juga memiliki sekitar 30 macam transisi (Transisi adalah perpindahan antar-klip dalam video) sehingga peralihan antara klip video satu ke klip video selanjutnya lebih dinamis dan enak untuk dilihat. Sama seperti efek-efek yang dimiliki oleh software ini, beberapa tranisi didalamnya juga memerlukan kartu grafis yang berkualitas tinggi seperti AMD atau NVIDIA. Dari 30 macam transisi yang ada kurang lebih ada 5 transisi yang memerlukan kartu grafis AMD atau NVIDIA agar transisi tersebut bisa diaplikasikan ke dalam video.

Fitur – fitur penting yang dimiliki Adobe Premiere, antara lain sebagai berikut:

  1. Capture (perekam video) Monitor
  2. Trim (alat pemotong klip) Monitor
  3. Titler (Pembuat teks judul) Monitor.

Selain itu pada efek-efek video Adobe Premiere Pro  juga terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe After Effects (cara menganimasikannya juga hampir sama). Sementar pada  fitur Titler, video editor bisa membuat teks judul/title dan mengubah properti dari teks itu seperti mengubah bentuk huruf, memberi dan mengubah warna pada huruf, garis luar (outline), memberi kontur, membuat animasi pergerakan atau animasi teks berjalan (roll and/or crawl), bisa juga untuk memberi shapes/bangun datar agar tampilan judul/teks video terlihat lebih menarik. Dan yang terakhir adalah export/output/menyimpan proyek dalam bentuk video dan siap untuk didistribusikan ke berbagai media yang bisa menampilkan format video.

Untuk lebih detailnya mengenai efek-efek dan transisi yang ada di dalam Adobe Premiere ini teman dan rekan dapat melihatnya di dalam 12 Modul Adobe Premiere Lengkap tersebut.

12 ModulAdobe Premiere Lengkap
12 ModulAdobe Premiere Lengkap

Download Juga : Modul Sistem Pakar Lengkap

System Requirements :

Adapun system requirements untuk menjalankan software ini adalah sebagai berikut:

  • Processor: Intel® 6thGen or newer CPU – or AMD equivalent
  • Operating system: Microsoft Windows 10 (64-bit) version 1803 or later
  • RAM: 8 GB of RAM
  • GPU: 2 GB of GPU VRAM
  • Hard disk space: 8 GB of available hard-disk space for installation; additional free space required during installation (will not install on removable flash storage)
  • Monitor resolution: 1280 x 800
  • Sound card: ASIO compatible or Microsoft Windows Driver Mode

Untuk system requirements lebih detailnya dapat dilihat disini memalui Link Berikut

Itulah penjelasan singkat mengenai Adobe Premiere Pro, sekiranya teman dan rekan memerlukan Adobe Premiere dapat mendownloadnya mealui Link BerikutDan bagi teman dan rekan yang mendapatkan 12 Modul Adobe Premiere Lengkap dapat mendownloadnya melalui Link Berikut

12 Modul Adobe Premiere Lengkap

Berikut rincian modul tersebut:

  1. Sekilas Tentang Proses Produksi Video
  2. Pengenalan Adobe Premiere Pro
  3. Mengcapture Video Dan Audio
  4. Proses Import Dan Triming
  5. Memberikan Transisi
  6. Memberikan Efek Video
  7. Teknik Editing Tingkat Lanjut
  8. Animasi Clip/Motion Graphics
  9. Animasi Clip/Motion Graphics
  10. Audio Treatment
  11. Tips Dan Trik
  12. Mengekspor Movie

Download Juga : Modul Adobe Premiere Pro Part 2

Baiklah itu saja teman dan rekan sekalian 12 Modul Adobe Premiere Lengkap ini dapat membantu teman dan rekan sekalian untuk belajar Adobe Premiere agar dapat mengedit dan menghasil video yang berkualitas. See you soon and Keep Exploring bye bye:D.

Bagikan ini :

One thought on “12 Modul Adobe Premiere Lengkap”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *